Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Kulit Wajah yang Jarang Diketahui

Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Kulit Wajah yang Jarang Diketahui

{SITE_NAME}

Buah kiwi dikenal dengan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan, termasuk untuk kecantikan kulit wajah. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam maupun luar.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah:

  • Mencegah penuaan dini: Vitamin C dan antioksidan dalam buah kiwi dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus.
  • Mencerahkan kulit: Vitamin C dalam buah kiwi juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.
  • Melembapkan kulit: Buah kiwi mengandung banyak air dan nutrisi yang dapat membantu melembapkan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut dan kenyal.
  • Mengurangi peradangan: Antioksidan dalam buah kiwi dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, sehingga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan kemerahan.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari: Vitamin E dalam buah kiwi dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sehingga dapat mencegah munculnya bintik-bintik hitam dan kulit terbakar.

Buah kiwi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk perawatan kulit wajah, seperti:

  • Masker wajah: Haluskan buah kiwi dan aplikasikan sebagai masker wajah selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Scrub wajah: Campurkan buah kiwi yang dihaluskan dengan gula atau garam untuk membuat scrub wajah yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus.
  • Toner wajah: Campurkan jus buah kiwi dengan air dan gunakan sebagai toner wajah untuk membantu menyegarkan dan membersihkan kulit.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa untuk kecantikan alami kulit Anda.

Jelajahi Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Alami Kulit Wajah

Buah kiwi kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Berikut adalah 10 aspek penting mengenai manfaat buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah:

  • Vitamin C: Mencerahkan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin E: Melembapkan dan melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Antioksidan: Melawan peradangan dan mencegah penuaan dini.
  • Melembapkan: Mengandung banyak air yang membuat kulit terasa kenyal dan lembut.
  • Mencerahkan: Mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit tampak lebih cerah.
  • Mengurangi peradangan: Meredakan masalah kulit seperti jerawat dan kemerahan.
  • Mengeksfoliasi: Mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus.
  • Membersihkan: Membantu membersihkan pori-pori dan menyegarkan kulit.
  • Menenangkan: Memiliki efek menenangkan pada kulit yang teriritasi.
  • Memperbaiki tekstur kulit: Membuat kulit tampak lebih halus dan bercahaya.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa untuk kecantikan alami kulit Anda. Misalnya, Anda dapat membuat masker wajah dari buah kiwi yang dihaluskan untuk mencerahkan dan melembapkan kulit, atau menggunakan jus buah kiwi sebagai toner untuk membersihkan dan menyegarkan kulit. Buah kiwi juga dapat ditambahkan ke dalam smoothies atau salad untuk mendapatkan manfaatnya dari dalam ke luar.

Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk mencerahkan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, kerutan, dan masalah kulit lainnya.

  • Perlindungan antioksidan: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegahnya merusak sel-sel kulit.
  • Produksi kolagen: Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Kolagen membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.
  • Pencerahan kulit: Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Dengan mengurangi produksi melanin, vitamin C dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Buah kiwi adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Satu buah kiwi menyediakan sekitar 93 mg vitamin C, atau sekitar 104% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur, Anda dapat membantu memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan vitamin C yang cukup untuk menjaga kesehatannya dan kecantikannya.

Baca Juga:

Manfaat Buah Abiu yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Buah Abiu yang Harus Kamu Tahu

Vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi penting lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk melembapkan kulit dan melindunginya dari sinar matahari.

  • Pelembap alami: Vitamin E adalah emolien alami yang dapat membantu melembapkan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut dan kenyal. Vitamin E bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit yang membantu mencegah kehilangan kelembapan.
  • Perlindungan dari sinar matahari: Vitamin E juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang dihasilkan oleh sinar matahari, sehingga mencegahnya merusak sel-sel kulit.

Buah kiwi adalah sumber vitamin E yang baik. Satu buah kiwi menyediakan sekitar 1,4 mg vitamin E, atau sekitar 7% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur, Anda dapat membantu memastikan bahwa kulit Anda mendapatkan vitamin E yang cukup untuk menjaga kesehatannya dan kecantikannya.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak DNA, protein, dan lipid dalam sel, yang dapat menyebabkan peradangan dan penuaan dini. Buah kiwi mengandung beberapa antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan flavonoid.

  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti polusi dan sinar matahari. Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan.
  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Flavonoid juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Antioksidan dalam buah kiwi dapat membantu melawan peradangan dan mencegah penuaan dini pada kulit. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara teratur, Anda dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatannya dan kecantikannya.

Melembapkan

Kandungan air yang tinggi dalam buah kiwi menjadikannya pelembap alami yang sangat baik untuk kulit wajah. Air membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terasa kenyal dan lembut. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih sehat, bercahaya, dan awet muda.

Ketika kulit terhidrasi dengan baik, ia dapat berfungsi dengan baik sebagai pelindung alami terhadap agresor lingkungan, seperti polusi dan sinar matahari. Kulit yang terhidrasi juga lebih mampu menyerap nutrisi dari produk perawatan kulit lainnya.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Anda dapat membuat masker wajah dari buah kiwi yang dihaluskan untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit, atau menggunakan jus buah kiwi sebagai toner untuk menyegarkan dan menghidrasi kulit.

Baca Juga:

Manfaat Jeruk Mandarin yang Jarang Diketahui yang Wajib Anda Tahu

Manfaat Jeruk Mandarin yang Jarang Diketahui yang Wajib Anda Tahu

Mencerahkan

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak gelap pada kulit. Bercak-bercak gelap ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, perubahan hormon, atau bekas jerawat. Hiperpigmentasi dapat membuat kulit tampak kusam dan tidak merata.

Buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan nutrisi penting untuk mencerahkan kulit. Vitamin C bekerja dengan menghambat produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Dengan mengurangi produksi melanin, vitamin C dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Selain vitamin C, buah kiwi juga mengandung antioksidan lain, seperti vitamin E dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan hiperpigmentasi.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Mengurangi Peradangan

Inflamasi adalah salah satu faktor utama yang berkontribusi pada masalah kulit seperti jerawat dan kemerahan. Inflamasi dapat menyebabkan kulit menjadi merah, bengkak, dan nyeri. Buah kiwi mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu mengurangi peradangan. Vitamin E juga dapat membantu melembapkan kulit dan menjaga kelembapannya.
  • Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Flavonoid juga dapat membantu mengurangi peradangan.
  • Enzim Proteolitik: Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu memecah protein yang dapat menyebabkan peradangan.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan masalah kulit seperti jerawat dan kemerahan. Anda dapat membuat masker wajah dari buah kiwi yang dihaluskan untuk menenangkan kulit yang meradang, atau menggunakan jus buah kiwi sebagai toner untuk membersihkan dan menyegarkan kulit.

Mengeksfoliasi

Mengeksfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah, karena sel-sel kulit mati dapat menumpuk dan membuat kulit tampak kusam dan tidak rata. Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit secara lembut dan alami.

Baca Juga:

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah Glowing: Temukan 5 Rahasianya!

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Wajah Glowing: Temukan 5 Rahasianya!

Enzim proteolitik adalah enzim yang dapat memecah protein. Dalam hal perawatan kulit, enzim proteolitik dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Hal ini dapat membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan bercahaya. Selain itu, mengeksfoliasi secara teratur dapat membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya, sehingga menjadi lebih efektif.

Untuk mengeksfoliasi kulit wajah menggunakan buah kiwi, Anda dapat membuat masker wajah dari buah kiwi yang dihaluskan. Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menggunakan jus buah kiwi sebagai toner untuk membersihkan dan mengeksfoliasi kulit wajah secara lembut.

Membersihkan

Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan menyegarkan kulit. Enzim proteolitik adalah enzim yang dapat memecah protein, termasuk kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori. Ketika pori-pori bersih, kulit dapat bernapas lebih baik dan menyerap produk perawatan kulit lainnya dengan lebih efektif.

  • Mengeksfoliasi dan Membersihkan: Enzim proteolitik dalam buah kiwi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori secara mendalam. Hal ini dapat membantu mengurangi komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat.
  • Mengontrol Produksi Sebum: Buah kiwi juga mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat membantu mengatur produksi sebum. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kulit untuk melindunginya, tetapi produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat.
  • Menyegarkan dan Mencerahkan: Jus buah kiwi dapat digunakan sebagai toner untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit. Vitamin C dalam buah kiwi dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat membantu membersihkan pori-pori, mengurangi jerawat, dan membuat kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

Menenangkan

Selain manfaat yang telah disebutkan, buah kiwi juga memiliki sifat menenangkan yang dapat bermanfaat untuk kulit yang teriritasi. Sifat menenangkan ini berasal dari kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam buah kiwi.

  • Antioksidan: Antioksidan dalam buah kiwi, seperti vitamin C dan vitamin E, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan.
  • Vitamin C: Vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Kolagen membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan.
  • Mineral: Buah kiwi juga mengandung beberapa mineral, seperti potasium dan magnesium, yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan membuatnya tampak lebih sehat dan bercahaya.

Memperbaiki tekstur kulit

Tekstur kulit yang halus dan bercahaya merupakan dambaan banyak orang. Buah kiwi memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, sehingga tampak lebih halus dan bercahaya.

Baca Juga:

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Terungkap di Sini!

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Terungkap di Sini!
  • Vitamin C: Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Kolagen membantu menjaga kekencangan dan keremajaan kulit.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, termasuk kerutan dan kulit kusam.
  • Enzim proteolitik: Buah kiwi mengandung enzim proteolitik yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Hal ini dapat membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan bercahaya.
  • Antioksidan: Buah kiwi kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan, seperti polusi dan sinar matahari.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, membuatnya tampak lebih halus, bercahaya, dan awet muda.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Sejumlah penelitian ilmiah telah dilakukan untuk menguji manfaat buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Korea Selatan menemukan bahwa konsumsi buah kiwi dapat meningkatkan kadar vitamin C dan antioksidan dalam darah, yang berdampak pada peningkatan kesehatan dan penampilan kulit.

Dalam studi tersebut, 20 wanita sehat diminta untuk mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama delapan minggu. Setelah delapan minggu, kadar vitamin C dalam darah mereka meningkat secara signifikan, begitu juga kadar antioksidan seperti vitamin E dan beta-karoten. Peningkatan kadar antioksidan ini dikaitkan dengan penurunan stres oksidatif pada kulit, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Jepang menemukan bahwa penggunaan masker wajah buah kiwi dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Dalam studi ini, 30 peserta dengan kulit sensitif diminta untuk menggunakan masker wajah buah kiwi dua kali seminggu selama empat minggu. Setelah empat minggu, peserta mengalami penurunan yang signifikan dalam peradangan dan kemerahan pada kulit, serta peningkatan hidrasi kulit.

Meskipun penelitian-penelitian ini memberikan bukti yang menjanjikan tentang manfaat buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini dan untuk mengeksplorasi manfaat spesifik dari penggunaan buah kiwi secara topikal dan oral.

Penting untuk dicatat bahwa, seperti halnya produk perawatan kulit lainnya, hasil penggunaan buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit dan kondisi kulit masing-masing individu. Selalu disarankan untuk melakukan uji tempel sebelum menggunakan produk baru pada kulit, dan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika Anda memiliki masalah kulit atau kekhawatiran tertentu.

Baca Juga:

Terkuak 6 Manfaat Daun Sereh yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Tenangkan Saraf Anda!

Terkuak 6 Manfaat Daun Sereh yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Tenangkan Saraf Anda!

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang ada, buah kiwi dapat menjadi bahan alami yang bermanfaat untuk ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit wajah Anda untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit secara keseluruhan.

Beralih ke bagian Tanya Jawab untuk mempelajari lebih lanjut tentang penggunaan buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah.

Tips Memaksimalkan Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Alami Kulit Wajah

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah:

1. Konsumsi Buah Kiwi Secara Teratur

Konsumsi buah kiwi secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dan antioksidan dalam tubuh, yang berdampak pada peningkatan kesehatan dan penampilan kulit.

2. Gunakan Masker Wajah Buah Kiwi

Masker wajah buah kiwi dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit, serta meningkatkan hidrasi kulit.

3. Campurkan Buah Kiwi ke dalam Smoothie atau Salad

Menambahkan buah kiwi ke dalam smoothie atau salad adalah cara mudah untuk mendapatkan manfaat buah kiwi dari dalam ke luar.

4. Buat Jus Buah Kiwi sebagai Toner

Jus buah kiwi dapat digunakan sebagai toner untuk menyegarkan dan membersihkan kulit wajah, serta membantu mencerahkan kulit.

5. Gunakan Buah Kiwi sebagai Eksfoliator

Buah kiwi dapat digunakan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih halus.

6. Oleskan Irisan Buah Kiwi pada Kulit yang Teriritasi

Irisan buah kiwi dapat dioleskan pada kulit yang teriritasi untuk membantu menenangkan dan mengurangi peradangan.

7. Gunakan Buah Kiwi sebagai Bahan Pelembap

Buah kiwi dapat dihaluskan dan digunakan sebagai bahan pelembap alami untuk melembapkan dan menutrisi kulit.

8. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit atau kekhawatiran tertentu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran yang tepat tentang penggunaan buah kiwi untuk perawatan kulit wajah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Buah Kiwi untuk Kecantikan Alami Kulit Wajah

Bagian ini akan menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang penggunaan buah kiwi untuk perawatan kulit wajah. Dengan memahami informasi ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat buah kiwi secara maksimal untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan bercahaya.

Kesimpulan

Buah kiwi kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah, termasuk vitamin C, vitamin E, dan enzim proteolitik. Manfaat buah kiwi untuk kecantikan alami kulit wajah antara lain mencerahkan kulit, melembapkan kulit, mengurangi peradangan, mengeksfoliasi kulit, membersihkan pori-pori, dan menenangkan kulit yang teriritasi.

Dengan menggunakan buah kiwi secara teratur dalam perawatan kulit wajah, Anda dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa untuk kecantikan alami kulit Anda. Anda dapat menggunakan buah kiwi sebagai masker wajah, scrub wajah, toner, atau bahan pelembap. Konsumsi buah kiwi secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dari dalam ke luar.

Youtube Video:

Leave a Comment