Spesifikasi Realme C31: Layar Lebar, Baterai Awet, Harga Terjangkau

Spesifikasi Realme C31: Layar Lebar, Baterai Awet, Harga Terjangkau

Realme C31 hadir dengan spesifikasi yang cukup menarik untuk kelas entry-level. Ponsel ini mengusung layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ dan tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Dari segi dapur pacu, Realme C31 ditenagai oleh prosesor Unisoc T612 yang dipadukan dengan RAM 3GB atau 4GB dan memori internal 32GB atau 64GB. Untuk sektor kamera, ponsel ini memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi 13MP kamera utama dan 2MP kamera depth sensor. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 5MP.

Salah satu keunggulan utama dari Realme C31 adalah baterainya yang berkapasitas besar, yaitu 5000mAh. Baterai ini diklaim dapat bertahan hingga 2 hari dalam penggunaan normal. Selain itu, Realme C31 juga dilengkapi dengan fitur fast charging 10W.

Tabel Spesifikasi Realme C31

NamaRealme C31
ProsesorUnisoc T612
RAM3GB / 4GB
ROM32GB / 64GB
Tahun Rilis2021
Baterai5000mAh
Kamera Belakang13MP + 2MP
Kamera Depan5MP
LayarIPS LCD 6,5 inci
Resolusi LayarHD+
FiturFast charging 10W

Spesifikasi Realme C31 Unggulan

Realme C31 hadir dengan beberapa spesifikasi unggulan di kelasnya, antara lain:

  • Layar luas 6,5 inci
  • Baterai besar 5000mAh
  • Kamera belakang ganda
  • Prosesor Unisoc T612
  • RAM 4GB
  • ROM 64GB
  • Fitur fast charging 10W
  • Bodi tipis dan ringan
  • Harga terjangkau

Layar Luas 6,5 Inci

Realme C31 hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci yang luas. Layar ini memberikan pengalaman visual yang lebih imersif saat menonton video, bermain game, atau menjelajah internet.

  • Kenyamanan Mata

    Layar Realme C31 memiliki fitur Sunlight Display yang membuat layar tetap terlihat jelas meskipun di bawah sinar matahari yang terik. Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan Eye Comfort Mode yang mengurangi emisi cahaya biru untuk melindungi mata pengguna.

  • Kualitas Tampilan

    Layar Realme C31 memiliki resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) yang menghasilkan kualitas tampilan yang tajam dan jernih. Layar ini juga mendukung refresh rate 60Hz yang memberikan pengalaman scrolling yang mulus.

  • Desain Layar

    Layar Realme C31 memiliki desain poni bergaya waterdrop yang menampung kamera depan. Desain ini memberikan kesan layar yang lebih luas dan modern.

  • Perbandingan Aspek

    Layar Realme C31 memiliki perbandingan aspek 20:9 yang sesuai untuk menonton video dan bermain game dengan rasio aspek yang sama.

    Baca Juga:

    Spesifikasi Realme Narzo 50i Prime: Andalan Baru di Kelas Smartphone Murah

    Spesifikasi Realme Narzo 50i Prime: Andalan Baru di Kelas Smartphone Murah

Baterai Besar 5000mAh

Realme C31 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5000mAh. Kapasitas baterai ini lebih besar dari rata-rata smartphone di kelasnya yang umumnya hanya memiliki baterai berkapasitas 4000mAh.

Dengan baterai sebesar ini, Realme C31 diklaim dapat bertahan hingga 2 hari dalam penggunaan normal. Pengguna dapat menggunakan smartphone ini seharian penuh tanpa khawatir kehabisan baterai. Baterai 5000mAh juga sangat cocok untuk pengguna yang sering bepergian atau yang tidak memiliki akses mudah ke sumber listrik.

Selain kapasitasnya yang besar, baterai Realme C31 juga didukung oleh fitur fast charging 10W. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya baterai dengan lebih cepat. Pengguna dapat mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Kamera Belakang Ganda

Realme C31 hadir dengan kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 13MP dan kamera depth sensor 2MP. Kamera utama memiliki aperture f/2.2 dan mendukung fitur PDAF (Phase Detection Autofocus) yang dapat mempercepat proses pengambilan fokus.

Kamera depth sensor berfungsi untuk menghasilkan efek bokeh atau blur pada latar belakang foto. Dengan adanya kamera depth sensor, pengguna dapat mengambil foto portrait dengan hasil yang lebih baik dan profesional.

Selain itu, kamera belakang Realme C31 juga dilengkapi dengan berbagai fitur fotografi, seperti:

  • AI Scene Recognition
  • HDR
  • Panorama
  • Timelapse

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi kamera yang mumpuni, Realme C31 dapat menghasilkan foto dan video yang berkualitas baik, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal.

Prosesor Unisoc T612

Realme C31 menggunakan prosesor Unisoc T612 sebagai dapur pacunya. Prosesor ini merupakan prosesor octa-core yang memiliki clock speed hingga 1,82 GHz. Unisoc T612 dibangun dengan fabrikasi 12nm dan memiliki GPU Mali-G57 MP1.

  • Performa

    Unisoc T612 memiliki performa yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Prosesor ini dapat menjalankan aplikasi dan game dengan lancar, meskipun untuk game berat mungkin diperlukan pengaturan grafis yang lebih rendah.

    Baca Juga:

    Spesifikasi Advan Tab Sketsa 2: Tablet Murah dengan Fitur Memikat

    Spesifikasi Advan Tab Sketsa 2: Tablet Murah dengan Fitur Memikat
  • Efisiensi Daya

    Prosesor Unisoc T612 terkenal dengan efisiensi dayanya yang baik. Prosesor ini menggunakan teknologi DynamIQ yang dapat menyesuaikan kinerja prosesor sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat menghemat daya baterai.

  • Konektivitas

    Unisoc T612 mendukung konektivitas 4G LTE dan VoLTE. Prosesor ini juga mendukung dual-SIM dan Wi-Fi 802.11ac.

  • Fitur Lainnya

    Selain fitur-fitur di atas, Unisoc T612 juga memiliki beberapa fitur lainnya, seperti dukungan untuk kamera ganda, Face Unlock, dan sensor sidik jari.

RAM 4GB

RAM (Random Access Memory) adalah komponen penting dalam sebuah smartphone yang berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses oleh prosesor. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data dan instruksi yang dapat disimpan, sehingga kinerja smartphone akan semakin cepat dan lancar.

  • Multitasking

    RAM 4GB memungkinkan Realme C31 menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar. Pengguna dapat berpindah-pindah antara aplikasi tanpa harus menunggu aplikasi sebelumnya dimuat ulang.

  • Gaming

    RAM 4GB juga sangat penting untuk bermain game. Game-game berat membutuhkan banyak RAM untuk menyimpan data dan instruksi yang dibutuhkan selama permainan. Dengan RAM 4GB, Realme C31 dapat menjalankan game-game berat dengan lancar tanpa lag.

  • Browsing

    Saat browsing internet, RAM 4GB memungkinkan Realme C31 memuat halaman web dengan lebih cepat dan responsif. Pengguna dapat membuka banyak tab sekaligus tanpa mengalami masalah kelambatan.

  • Editing

    RAM 4GB juga bermanfaat untuk editing foto dan video. Aplikasi editing biasanya membutuhkan banyak RAM untuk menyimpan data gambar dan video yang sedang diedit. Dengan RAM 4GB, Realme C31 dapat menjalankan aplikasi editing dengan lancar dan responsif.

ROM 64GB

Memori internal atau ROM (Read-Only Memory) berkapasitas 64GB pada Realme C31 memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan berbagai file, seperti aplikasi, game, foto, video, dan musik.

Baca Juga:

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus 5G: Tablet Andalan untuk Performa dan Kreativitas

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Plus 5G: Tablet Andalan untuk Performa dan Kreativitas

Dengan ROM 64GB, pengguna dapat mengunduh dan menginstal banyak aplikasi dan game tanpa perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan banyak foto dan video hasil jepretan kamera Realme C31 yang memiliki resolusi tinggi.

Namun, jika pengguna membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Realme C31 juga menyediakan slot microSD yang dapat digunakan untuk menambah ruang penyimpanan hingga 1TB. Slot microSD ini sangat berguna bagi pengguna yang sering menyimpan file-file berukuran besar, seperti film atau video.

Fitur fast charging 10W

Fitur fast charging 10W pada spesifikasi realme C31 memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai dengan lebih cepat. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Fitur fast charging sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering bepergian atau yang tidak memiliki akses mudah ke sumber listrik. Selain itu, fitur ini juga dapat menghemat waktu pengguna, karena tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterai.

Untuk menggunakan fitur fast charging 10W, pengguna memerlukan charger dan kabel yang mendukung fitur tersebut. Charger dan kabel fast charging biasanya dijual terpisah dari smartphone.

Bodi Tipis dan Ringan

Spesifikasi realme C31 unggul karena bodinya yang tipis dan ringan. Ketebalan realme C31 hanya 8,4mm dan beratnya hanya 190 gram, menjadikannya nyaman digenggam dan dibawa kemana-mana.

Bodi tipis dan ringan realme C31 memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Nyaman Digenggam: Bodi yang tipis dan ringan membuat realme C31 terasa nyaman digenggam untuk waktu yang lama, sehingga pengguna tidak mudah merasa lelah saat menggunakan smartphone.
  • Mudah Dibawa: Berat realme C31 yang hanya 190 gram membuatnya mudah dibawa kemana-mana, baik dimasukkan ke dalam saku celana maupun tas.
  • Desain Elegan: Bodi tipis dan ringan realme C31 memberikan kesan elegan dan modern, sehingga cocok digunakan oleh pengguna yang memperhatikan gaya.

Meskipun memiliki bodi yang tipis dan ringan, realme C31 tetap kokoh dan tahan lama karena menggunakan bahan polycarbonate berkualitas tinggi. Selain itu, realme C31 juga memiliki desain tahan percikan air, sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakan smartphone di cuaca hujan.

Baca Juga:

Spesifikasi vivo X80 yang Gahar untuk Fotografi Profesional

Spesifikasi vivo X80 yang Gahar untuk Fotografi Profesional

Harga Terjangkau

Harga terjangkau merupakan salah satu keunggulan utama dari spesifikasi realme C31. Dengan harga yang terjangkau, realme C31 menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

  • Komponen Berkualitas

    Meskipun memiliki harga yang terjangkau, realme C31 tidak menggunakan komponen murahan. realme C31 menggunakan komponen berkualitas tinggi, seperti layar IPS LCD, prosesor Unisoc T612, dan baterai berkapasitas 5000mAh.

  • Fitur Lengkap

    Selain komponen berkualitas, realme C31 juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap, seperti kamera belakang ganda, kamera depan 5MP, sensor sidik jari, dan fitur fast charging 10W. Dengan fitur-fitur yang lengkap, realme C31 dapat memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari.

  • Desain Menarik

    Meskipun memiliki harga yang terjangkau, realme C31 memiliki desain yang menarik dan modern. realme C31 menggunakan desain bodi tipis dan ringan dengan pilihan warna yang menarik. Desain realme C31 cocok digunakan oleh pengguna yang memperhatikan gaya.

  • Nilai Terbaik

    Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang mumpuni, realme C31 menawarkan nilai terbaik di kelasnya. realme C31 sangat cocok bagi pengguna yang mencari smartphone dengan harga terjangkau namun tetap memiliki spesifikasi yang baik.

Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi realme C31

Spesifikasi realme C31 menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli smartphone ini.

Kelebihan

  • Layar IPS LCD yang luas dan jernih
  • Baterai besar 5000mAh yang tahan lama
  • Kamera belakang ganda dengan hasil foto yang baik
  • Prosesor Unisoc T612 yang cukup bertenaga
  • RAM 4GB yang memastikan multitasking lancar
  • ROM 64GB yang menyediakan ruang penyimpanan yang cukup
  • Fitur fast charging 10W yang mempercepat pengisian daya
  • Bodi tipis dan ringan yang nyaman digenggam
  • Harga terjangkau yang sesuai dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan

Kekurangan

  • Resolusi layar yang masih HD+
  • Kamera depan yang memiliki resolusi rendah
  • Belum dilengkapi dengan NFC
  • Performa prosesor yang masih belum bisa diandalkan untuk game berat

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan spesifikasi realme C31, pengguna dapat memutuskan apakah smartphone ini sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

FAQs

Ini adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan tentang spesifikasi realme C31. Temukan jawaban atas pertanyaan umum dan kesalahpahaman umum di sini.

1. Apa saja keunggulan spesifikasi realme C31?-

Realme C31 memiliki beberapa keunggulan, antara lain layar luas dan jernih, baterai besar yang tahan lama, kamera belakang ganda dengan hasil foto yang baik, prosesor yang cukup bertenaga, RAM yang memastikan multitasking lancar, memori internal yang cukup, fitur fast charging, bodi tipis dan ringan, serta harga yang terjangkau.

Baca Juga:

Spesifikasi Gahar Samsung Galaxy S23 Plus 5G: Ungkap Performa Terbaik!

Spesifikasi Gahar Samsung Galaxy S23 Plus 5G: Ungkap Performa Terbaik!
2. Apa saja kekurangan spesifikasi realme C31?-

Realme C31 memiliki beberapa kekurangan, antara lain resolusi layar yang masih HD+, kamera depan yang memiliki resolusi rendah, belum dilengkapi dengan NFC, dan performa prosesor yang masih belum bisa diandalkan untuk game berat.

3. Berapa ukuran layar realme C31?-

Realme C31 memiliki layar IPS LCD berukuran 6,5 inci.

4. Berapa kapasitas baterai realme C31?-

Realme C31 memiliki baterai berkapasitas 5000mAh.

5. Berapa resolusi kamera belakang realme C31?-

Realme C31 memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 13MP + 2MP.

6. Berapa harga realme C31?-

Harga realme C31 bervariasi tergantung pada varian dan lokasi. Silakan cek situs resmi realme atau toko online terpercaya untuk informasi harga terbaru.

Kesimpulan

Spesifikasi realme C31 menawarkan perpaduan yang menarik antara fitur dan harga yang terjangkau. Smartphone ini memiliki layar yang luas, baterai yang tahan lama, kamera belakang yang cukup baik, dan performa yang cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, seperti resolusi layar yang masih HD+ dan kamera depan yang memiliki resolusi rendah, realme C31 tetap merupakan pilihan yang layak bagi pengguna yang mencari smartphone dengan harga terjangkau dan fitur yang cukup lengkap.

Youtube Video: