Spesifikasi Realme C35: Layar Jernih, Performa Handal, Baterai Tahan Lama

Spesifikasi Realme C35: Layar Jernih, Performa Handal, Baterai Tahan Lama

realme C35 hadir dengan spesifikasi yang menarik, seperti layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan refresh rate 60Hz. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass.

Selain itu, realme C35 juga dibekali dengan chipset Unisoc T616 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB. Untuk fotografi, realme C35 memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie 8MP.

realme C35 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0. Ponsel ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang mendukung fast charging 18W.

Tabel Spesifikasi realme C35

Nama Ponselrealme C35
ProsesorUnisoc T616
RAM4GB
ROM64GB atau 128GB
Tahun Rilis2022

Spesifikasi realme C35 Unggulan

realme C35 hadir dengan beberapa spesifikasi unggulan yang memberikan nilai lebih bagi penggunanya, di antaranya:

  • Layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+
  • Chipset Unisoc T616 yang bertenaga
  • RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP
  • Kamera selfie 8MP
  • Baterai berkapasitas 5000mAh dengan fast charging 18W
  • Sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0
  • Desain yang stylish dan modern

Layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+

Layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ merupakan salah satu spesifikasi unggulan dari realme C35. Layar ini memiliki kerapatan piksel sebesar 400 ppi, sehingga dapat menampilkan gambar yang tajam dan jernih. Selain itu, layar ini juga memiliki sudut pandang yang lebar, sehingga dapat dilihat dengan jelas dari berbagai sudut.

Resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) pada layar realme C35 memberikan pengalaman menonton yang lebih imersif, terutama saat menonton video atau bermain game. Layar ini juga mendukung refresh rate 60Hz, sehingga dapat menampilkan gerakan yang halus dan responsif.

Secara keseluruhan, layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ pada realme C35 merupakan salah satu nilai jual utama dari ponsel ini. Layar ini memberikan pengalaman visual yang sangat baik, baik untuk penggunaan sehari-hari maupun untuk menikmati konten multimedia.

Baca Juga:

Spesifikasi Lengkap & Unggul realme 9: Layar AMOLED, Kamera 108MP, Performa Kencang

Spesifikasi Lengkap & Unggul realme 9: Layar AMOLED, Kamera 108MP, Performa Kencang

Chipset Unisoc T616 yang Bertenaga

realme C35 menggunakan chipset Unisoc T616 yang bertenaga. Chipset ini memiliki prosesor octa-core dengan clock speed hingga 2,0GHz dan GPU Mali-G57 MC2. Dengan chipset ini, realme C35 dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar.

  • Performa CPUProsesor octa-core pada Unisoc T616 memiliki dua core Cortex-A75 dengan clock speed 2,0GHz dan enam core Cortex-A55 dengan clock speed 1,8GHz. Konfigurasi ini memberikan performa CPU yang mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game.
  • Performa GPUGPU Mali-G57 MC2 pada Unisoc T616 memiliki dua core yang dapat memberikan performa grafis yang cukup baik. GPU ini dapat menjalankan game-game populer dengan pengaturan grafis sedang hingga tinggi.
  • Efisiensi DayaChipset Unisoc T616 dibuat dengan teknologi fabrikasi 12nm, sehingga memiliki efisiensi daya yang baik. Hal ini membuat realme C35 dapat bertahan lama dengan sekali pengisian daya.
  • KonektivitasUnisoc T616 mendukung konektivitas 4G LTE, sehingga realme C35 dapat terhubung ke jaringan internet dengan kecepatan tinggi. Selain itu, chipset ini juga mendukung Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth 5.0.

RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB

RAM (Random Access Memory) dan penyimpanan internal merupakan spesifikasi penting pada sebuah ponsel. RAM berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses oleh prosesor, sedangkan penyimpanan internal berfungsi untuk menyimpan data permanen, seperti aplikasi, foto, video, dan musik.

realme C35 hadir dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB. Kapasitas RAM 4GB sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar. Sementara itu, penyimpanan internal 64GB atau 128GB menyediakan ruang yang cukup untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi.

Jika pengguna membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, realme C35 juga mendukung penggunaan kartu microSD hingga kapasitas 1TB. Kartu microSD dapat digunakan untuk menyimpan file-file besar, seperti film, video, dan musik, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Tiga Kamera Belakang dengan Kamera Utama 50MP

realme C35 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Kamera utama 50MP memiliki resolusi yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan foto yang tajam dan detail. Kamera makro 2MP dapat digunakan untuk mengambil foto close-up objek kecil, sedangkan kamera depth 2MP dapat digunakan untuk membuat efek bokeh pada foto.

  • Keunggulan Kamera Utama 50MPKamera utama 50MP pada realme C35 memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
    • Resolusi yang tinggi (8160 x 6144 piksel) sehingga dapat menghasilkan foto dengan detail yang tajam.
    • Apertur lebar f/1.8 yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk, sehingga menghasilkan foto yang lebih terang dan minim noise, terutama dalam kondisi cahaya redup.
    • Dukungan teknologi pixel binning yang menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel yang lebih besar, sehingga meningkatkan sensitivitas cahaya dan mengurangi noise pada foto.
  • Kegunaan Kamera MakroKamera makro 2MP pada realme C35 dapat digunakan untuk mengambil foto close-up objek kecil, seperti bunga, serangga, atau makanan. Kamera ini memiliki jarak fokus minimal 4cm, sehingga pengguna dapat mengambil foto objek dari jarak yang sangat dekat.
  • Fungsi Kamera DepthKamera depth 2MP pada realme C35 berfungsi untuk membuat efek bokeh pada foto. Efek bokeh adalah efek blur pada latar belakang foto, sehingga subjek utama tampak lebih menonjol. Kamera depth bekerja dengan mengukur jarak antara subjek dan latar belakang, lalu memburamkan latar belakang secara otomatis.
  • Aplikasi Kamera yang Kaya Fiturrealme C35 dilengkapi dengan aplikasi kamera yang kaya fitur, seperti mode malam, mode potret, dan mode panorama. Mode malam dapat digunakan untuk mengambil foto di kondisi cahaya redup, mode potret dapat digunakan untuk membuat efek bokeh pada foto, dan mode panorama dapat digunakan untuk mengambil foto dengan sudut pandang yang sangat lebar.

Kamera Selfie 8MP

Kamera selfie pada realme C35 memiliki resolusi 8MP dengan aperture f/2.0. Kamera ini dapat menghasilkan foto selfie yang cukup baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup.

Namun, dalam kondisi cahaya redup, kualitas foto selfie akan sedikit menurun. Hal ini karena kamera selfie realme C35 tidak dilengkapi dengan fitur night mode. Selain itu, kamera selfie ini juga tidak memiliki fitur autofocus, sehingga pengguna harus menjaga jarak yang tepat agar hasil foto selfie tetap fokus.

Baca Juga:

Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy A14 5G Terbaik untuk Gaming dan Fotografi

Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy A14 5G Terbaik untuk Gaming dan Fotografi

Secara keseluruhan, kamera selfie 8MP pada realme C35 dapat digunakan untuk mengambil foto selfie yang cukup baik, terutama dalam kondisi cahaya yang cukup. Namun, pengguna tidak dapat berharap terlalu banyak dari kamera selfie ini, terutama dalam kondisi cahaya redup.

Baterai Berkapasitas 5000mAh dengan Fast Charging 18W

realme C35 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang mendukung fast charging 18W. Kapasitas baterai yang besar ini memungkinkan realme C35 bertahan seharian penuh dalam penggunaan normal, bahkan hingga dua hari dalam penggunaan ringan.

  • Daya Tahan Baterai yang Lama

    Baterai 5000mAh pada realme C35 memiliki daya tahan yang sangat baik. Dalam penggunaan normal, seperti browsing, chatting, dan media sosial, realme C35 dapat bertahan hingga seharian penuh tanpa perlu diisi ulang. Bahkan, dalam penggunaan ringan, seperti hanya menerima telepon dan SMS, realme C35 dapat bertahan hingga dua hari.

  • Fast Charging 18W

    Fitur fast charging 18W pada realme C35 memungkinkan baterai untuk diisi ulang dengan cepat. Dalam waktu 30 menit, baterai realme C35 dapat terisi hingga 50%. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering bepergian atau yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi ulang baterai ponselnya.

  • Penghematan Daya

    realme C35 juga dilengkapi dengan fitur penghematan daya yang dapat memperpanjang daya tahan baterai. Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu pengaturan baterai. Saat fitur penghematan daya aktif, realme C35 akan secara otomatis mengurangi kinerja prosesor, menurunkan kecerahan layar, dan membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang.

  • Penggunaan Sehari-hari

    Dengan kombinasi baterai berkapasitas 5000mAh dan fast charging 18W, realme C35 sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan ponsel dengan daya tahan baterai yang lama dan dapat diisi ulang dengan cepat. Ponsel ini dapat digunakan seharian penuh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai, bahkan saat digunakan untuk aktivitas yang berat seperti bermain game atau menonton video.

    Baca Juga:

    Spesifikasi Gahar, Infinix Smart 7: Smartphone Andalan untuk Kebutuhan Harian

    Spesifikasi Gahar, Infinix Smart 7: Smartphone Andalan untuk Kebutuhan Harian

Sistem Operasi Android 11 dengan Antarmuka realme UI 2.0

realme C35 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0. Kombinasi sistem operasi dan antarmuka ini menawarkan pengalaman pengguna yang mulus dan kaya fitur.

  • Fitur-Fitur realme UI 2.0

    realme UI 2.0 hadir dengan berbagai fitur baru dan peningkatan, antara lain:

    • Dark Mode: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan antarmuka menjadi warna gelap, sehingga lebih nyaman digunakan di malam hari atau di tempat yang gelap.
    • Always-On Display: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan informasi penting, seperti waktu, tanggal, dan notifikasi, di layar saat ponsel dalam keadaan terkunci.
    • App Drawer: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan semua aplikasi di layar beranda, sehingga tampilan antarmuka menjadi lebih rapi dan terorganisir.
    • Side Bar: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi dan pintasan yang sering digunakan dengan cepat dan mudah dengan menggeser layar dari samping.
  • Keamanan dan Privasi

    Android 11 dan realme UI 2.0 jugakeamanan dan privasi pengguna. Beberapa fitur keamanan dan privasi yang tersedia di realme C35 antara lain:

    • Face Unlock: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel menggunakan wajah mereka.
    • Fingerprint Unlock: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel menggunakan sidik jari mereka.
    • Private Safe: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan file dan aplikasi penting mereka di tempat yang aman dan terenkripsi.
    • App Lock: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi tertentu dengan kata sandi atau sidik jari.
  • Performa dan Stabilitas

    Android 11 dan realme UI 2.0 juga dioptimalkan untuk memberikan performa dan stabilitas yang lebih baik. Beberapa peningkatan performa yang tersedia di realme C35 antara lain:

    • Peningkatan Manajemen Memori: realme UI 2.0 memiliki algoritma manajemen memori yang lebih baik, sehingga dapat menjaga performa ponsel tetap lancar meskipun banyak aplikasi yang berjalan.
    • Peningkatan Manajemen Baterai: realme UI 2.0 juga memiliki fitur manajemen baterai yang lebih baik, sehingga dapat memperpanjang daya tahan baterai ponsel.
    • Peningkatan Konektivitas: realme UI 2.0 memiliki dukungan konektivitas yang lebih baik, sehingga dapat memberikan pengalaman internet dan bermain game yang lebih stabil.
  • Kesimpulan

    Kombinasi sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0 pada realme C35 menawarkan pengalaman pengguna yang mulus, kaya fitur, aman, dan stabil. Dengan berbagai fitur yang tersedia, realme C35 dapat memenuhi kebutuhan pengguna akan sebuah smartphone yang dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Desain yang Stylish dan Modern

realme C35 hadir dengan desain yang stylish dan modern, dengan pilihan warna yang menarik, seperti Lake Blue dan Glowing Black. Ponsel ini memiliki bodi belakang yang mengkilap dengan tekstur garis-garis halus, sehingga memberikan kesan premium dan elegan.

Selain itu, realme C35 memiliki desain yang ramping dan ringan, dengan ketebalan hanya 8,1mm dan berat 189 gram. Hal ini membuat ponsel ini nyaman digenggam dan dibawa kemana-mana.

Secara keseluruhan, desain realme C35 sangat cocok untuk pengguna muda yang menginginkan ponsel yang stylish, modern, dan nyaman digunakan.

Kelebihan danKekurangan Spesifikasi realme C35

Spesifikasi realme C35 menawarkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ponsel ini.

Kelebihan

  • Layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ yang jernih dan tajam.
  • Chipset Unisoc T616 yang bertenaga untuk performa yang mulus.
  • RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB yang cukup untuk penggunaan sehari-hari.
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP yang menghasilkan foto yang detail dan berkualitas.
  • Kamera selfie 8MP yang cukup baik untuk foto selfie.
  • Baterai berkapasitas 5000mAh yang tahan lama dan mendukung fast charging 18W.
  • Sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0 yang menawarkan berbagai fitur dan pengalaman pengguna yang baik.
  • Desain yang stylish dan modern dengan pilihan warna yang menarik.

Kekurangan

  • Layar tidak memiliki refresh rate tinggi (hanya 60Hz).
  • Chipset Unisoc T616 bukan yang tercepat di kelasnya.
  • Kamera makro dan depth memiliki resolusi yang rendah (2MP).
  • Kamera selfie tidak memiliki fitur autofocus.
  • Tidak ada speaker stereo.
  • Tidak ada fitur NFC.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, realme C35 merupakan pilihan yang solid untuk pengguna yang mencari ponsel dengan layar besar, performa yang mumpuni, dan baterai yang tahan lama. Namun, pengguna yang mencari ponsel dengan kamera yang lebih baik, refresh rate layar yang tinggi, atau fitur-fitur canggih lainnya mungkin perlu mempertimbangkan opsi lain.

Baca Juga:

Spesifikasi OPPO Reno8 4G: Smartphone Andalan dengan Performa Mumpuni

Spesifikasi OPPO Reno8 4G: Smartphone Andalan dengan Performa Mumpuni

FAQ

1. Apa kelebihan dari spesifikasi realme C35?-

Spesifikasi realme C35 menawarkan beberapa kelebihan, antara lain: layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD+ yang jernih dan tajam, chipset Unisoc T616 yang bertenaga untuk performa yang mulus, RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB atau 128GB yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP yang menghasilkan foto yang detail dan berkualitas, baterai berkapasitas 5000mAh yang tahan lama dan mendukung fast charging 18W, serta sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0 yang menawarkan berbagai fitur dan pengalaman pengguna yang baik.

2. Apa kekurangan dari spesifikasi realme C35?-

Spesifikasi realme C35 juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain: layar tidak memiliki refresh rate tinggi (hanya 60Hz), chipset Unisoc T616 bukan yang tercepat di kelasnya, kamera makro dan depth memiliki resolusi yang rendah (2MP), kamera selfie tidak memiliki fitur autofocus, tidak ada speaker stereo, dan tidak ada fitur NFC.

3. Berapa kapasitas baterai realme C35?-

Kapasitas baterai realme C35 adalah 5000mAh.

4. Apakah realme C35 sudah menggunakan sistem operasi Android 11?-

Ya, realme C35 sudah menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0.

5. Berapa resolusi kamera utama realme C35?-

Resolusi kamera utama realme C35 adalah 50MP.

6. Apakah realme C35 memiliki fitur NFC?-

Tidak, realme C35 tidak memiliki fitur NFC.

Kesimpulan

Spesifikasi realme C35 menawarkan kombinasi yang menarik antara layar besar, performa yang mumpuni, dan baterai yang tahan lama. Dengan layar IPS LCD 6,6 inci beresolusi Full HD+, chipset Unisoc T616, dan RAM 4GB, realme C35 dapat memberikan pengalaman penggunaan yang mulus untuk berbagai aktivitas, seperti menonton video, bermain game, dan menjelajah internet.

Selain itu, realme C35 juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang cukup baik, dengan kamera utama 50MP yang dapat menghasilkan foto yang detail dan tajam. Baterai berkapasitas 5000mAh juga menjadi nilai tambah, karena dapat memberikan daya tahan yang lama hingga seharian penuh. Sistem operasi Android 11 dengan antarmuka realme UI 2.0 juga menawarkan berbagai fitur dan pengalaman pengguna yang baik.

Baca Juga:

Spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G: Handal dan Terjangkau

Spesifikasi Samsung Galaxy M14 5G: Handal dan Terjangkau

Youtube Video: