Cara Sholat Makrifat, Begini Tatacara yang benar!

Hinet Cara sholat makrifat adalah sebuah metode salat yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan.

Salat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan spiritual dengan Tuhan. Cara sholat makrifat diajarkan oleh para ulama sufi sejak dahulu kala, dan hingga kini masih banyak dipraktikkan oleh umat Islam di berbagai belahan dunia.

Melakukan salat makrifat memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kekhusyuan dan kesadaran dalam beribadah.
  • Mempererat hubungan spiritual dengan Tuhan.
  • Menjernihkan hati dan pikiran.
  • Menambah ilmu dan pemahaman tentang ajaran Islam.

Untuk melakukan salat makrifat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Niat yang benar dan ikhlas.
  • Wudhu yang sempurna.
  • Menghadap kiblat dengan benar.
  • Melakukan gerakan salat dengan benar dan tertib.
  • Membaca bacaan salat dengan jelas dan fasih.
  • Berusaha untuk memahami makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan.

Bagi umat Islam yang ingin memperdalam kualitas ibadah dan hubungan spiritualnya dengan Tuhan, salat makrifat dapat menjadi salah satu alternatif yang patut dicoba. Namun, perlu diingat bahwa cara sholat makrifat bukanlah satu-satunya cara yang benar dalam beribadah. Setiap umat Islam memiliki cara tersendiri dalam menjalankan ibadahnya, selama sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Cara Sholat Makrifat

Cara sholat makrifat merupakan metode salat yang menekankan pada kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan. Sholat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan spiritual dengan Tuhan. Berikut adalah 8 aspek penting dalam cara sholat makrifat:

  • Niat
  • Wudhu
  • Menghadap Kiblat
  • Gerakan Salat
  • Bacaan Salat
  • Pemahaman Makna
  • Kekhusyuan
  • Hubungan Spiritual

Niat yang benar dan ikhlas menjadi dasar utama dalam melakukan sholat makrifat. Wudhu yang sempurna mensucikan diri baik secara fisik maupun spiritual. Menghadap kiblat dengan benar menunjukkan arah fokus ibadah. Gerakan salat yang dilakukan dengan benar dan tertib mencerminkan kepatuhan kepada perintah Tuhan. Bacaan salat yang jelas dan fasih menunjukkan penghayatan terhadap firman Tuhan. Pemahaman makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan memperdalam kesadaran spiritual. Kekhusyuan dalam salat menciptakan suasana ibadah yang tenang dan fokus. Sholat makrifat pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan hubungan spiritual dengan Tuhan, sehingga terjalin hubungan yang lebih dekat dan intim.

Baca Juga:

Mudah Banget! Ternyata Begini Cara Menghapus Coretan di Foto!

Mudah Banget! Ternyata Begini Cara Menghapus Coretan di Foto!

Niat

Niat merupakan salah satu aspek terpenting dalam cara sholat makrifat. Niat yang benar dan ikhlas menjadi dasar utama diterimanya sebuah ibadah. Dalam sholat makrifat, niat tidak hanya sekedar ucapan lisan, tetapi harus disertai dengan kesadaran dan pemahaman yang mendalam akan tujuan sholat itu sendiri.

  • Kesadaran akan Tujuan SholatDalam sholat makrifat, niat harus didasari oleh kesadaran akan tujuan sholat itu sendiri, yaitu untuk menghadap dan beribadah kepada Tuhan. Kesadaran ini akan menumbuhkan sikap khusyuk dan fokus dalam melaksanakan setiap gerakan dan bacaan sholat.
  • Keikhlasan dalam BeribadahNiat yang ikhlas berarti sholat dilakukan semata-mata karena mengharap ridha Tuhan, bukan karena tujuan duniawi atau pujian dari manusia. Keikhlasan ini akan membuat ibadah lebih bernilai dan bermakna.
  • Memperbarui Niat Setiap WaktuDalam sholat makrifat, niat harus diperbarui setiap waktu. Artinya, setiap gerakan dan bacaan sholat harus dilakukan dengan niat yang benar dan ikhlas. Hal ini akan menjaga kekhusyuan dan kesadaran sepanjang sholat.
  • Niat yang Benar Akan Mengantarkan pada Sholat yang MakbulNiat yang benar dan ikhlas akan mengantarkan pada sholat yang makbul, yaitu sholat yang diterima dan diridhai oleh Tuhan. Sholat makbul akan memberikan ketenangan hati, kebahagiaan, dan keberkahan bagi pelakunya.

Dengan memahami dan menerapkan aspek-aspek niat dalam cara sholat makrifat, seorang muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan meraih hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan.

Wudhu

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib sholat, termasuk dalam cara sholat makrifat. Wudhu tidak hanya sekedar membasuh anggota tubuh, tetapi juga memiliki makna spiritual yang mendalam. Dalam sholat makrifat, wudhu menjadi sarana untuk menyucikan diri baik secara fisik maupun spiritual, sehingga dapat menghadap Tuhan dengan hati yang bersih dan pikiran yang tenang.

Ketika melakukan wudhu, seorang muslim tidak hanya membersihkan diri dari kotoran fisik, tetapi juga dari kotoran spiritual seperti dosa dan kesalahan. Dengan demikian, wudhu menjadi persiapan yang penting untuk memasuki sholat makrifat yang menekankan pada kekhusyuan dan hubungan spiritual dengan Tuhan.

Selain itu, wudhu juga memiliki makna simbolik. Air yang digunakan untuk wudhu melambangkan kesucian dan kebersihan, yang diharapkan dapat tercermin dalam hati dan pikiran seorang muslim saat melakukan sholat. Gerakan-gerakan wudhu, seperti membasuh muka, tangan, dan kaki, juga memiliki makna spiritual yang mendalam, yaitu untuk membersihkan diri dari dosa dan kesalahan yang dilakukan melalui anggota tubuh tersebut.

Dengan memahami makna dan pentingnya wudhu dalam cara sholat makrifat, seorang muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan meraih hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Wudhu yang dilakukan dengan benar dan penuh kesadaran akan mengantarkan pada sholat yang makbul, yaitu sholat yang diterima dan diridhai oleh Tuhan.

Baca Juga:

Cara Hapus Riwayat Pembelian Lazada Tanpa Jejak!

Cara Hapus Riwayat Pembelian Lazada Tanpa Jejak!

Menghadap Kiblat

Menghadap kiblat merupakan salah satu aspek penting dalam cara sholat makrifat. Kiblat, yang mengarah ke Ka’bah di Mekah, adalah titik fokus ibadah umat Islam. Menghadap kiblat saat sholat memiliki makna simbolis dan spiritual yang mendalam.

  • Keseragaman Arah IbadahMenghadap kiblat menciptakan keseragaman arah ibadah bagi seluruh umat Islam di dunia. Hal ini melambangkan persatuan dan kesatuan umat Islam dalam menghadap Tuhan.
  • Fokus IbadahMenghadap kiblat membantu memfokuskan pikiran dan hati seorang muslim saat sholat. Dengan menghadap ke arah yang sama, umat Islam dapat lebih mudah berkonsentrasi dan terhubung dengan Tuhan.
  • Simbol KetaatanMenghadap kiblat merupakan simbol ketaatan seorang muslim kepada perintah Tuhan. Ketika menghadap kiblat, seorang muslim menyatakan kesediaannya untuk mengikuti ajaran dan tuntunan Tuhan.
  • Penyatuan dengan Umat Islam LainMenghadap kiblat saat sholat menciptakan perasaan penyatuan dengan umat Islam lain di seluruh dunia. Hal ini memperkuat rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam ibadah.

Dengan memahami makna dan pentingnya menghadap kiblat dalam cara sholat makrifat, seorang muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan meraih hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Menghadap kiblat yang benar dan penuh kesadaran akan mengantarkan pada sholat yang makbul, yaitu sholat yang diterima dan diridhai oleh Tuhan.

Gerakan Salat

Dalam cara sholat makrifat, gerakan salat memegang peranan penting. Gerakan-gerakan yang dilakukan tidak hanya sekedar ritual, tetapi memiliki makna dan tujuan spiritual yang mendalam. Gerakan salat merupakan bentuk penghambaan diri kepada Tuhan, sekaligus sarana untuk meningkatkan kekhusyuan dan kesadaran dalam beribadah.

Setiap gerakan salat memiliki makna simbolis yang terkait dengan perjalanan spiritual seorang muslim. Misalnya, gerakan rukuk melambangkan kerendahan hati dan kepatuhan kepada Tuhan, sementara gerakan sujud melambangkan penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Dengan memahami makna-makna ini, seorang muslim dapat melakukan gerakan salat dengan lebih bermakna dan penuh kesadaran.

Selain itu, gerakan salat juga memiliki manfaat praktis. Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam salat, seperti berdiri, rukuk, dan sujud, dapat membantu melancarkan peredaran darah, melenturkan otot, dan meningkatkan kesehatan fisik. Dengan demikian, sholat makrifat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan spiritual, tetapi juga kesehatan fisik.

Dengan memahami makna dan pentingnya gerakan salat dalam cara sholat makrifat, seorang muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan meraih hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Gerakan salat yang dilakukan dengan benar dan penuh kesadaran akan mengantarkan pada sholat yang makbul, yaitu sholat yang diterima dan diridhai oleh Tuhan.

Baca Juga:

Cara Mengembalikan IMEI Andromax A yang Hilang

Cara Mengembalikan IMEI Andromax A yang Hilang

Bacaan Salat

Bacaan salat merupakan salah satu aspek penting dalam cara sholat makrifat. Bacaan-bacaan yang dilantunkan dalam salat tidak hanya sekedar ucapan lisan, tetapi memiliki makna dan tujuan spiritual yang mendalam. Bacaan salat menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan Tuhan, mengungkapkan rasa syukur, dan memohon ampunan.

  • Memuji TuhanSalah satu tujuan utama bacaan salat adalah untuk memuji Tuhan. Melalui bacaan-bacaan seperti takbir, tahmid, dan tasbih, seorang muslim mengungkapkan rasa syukur dan pengagungan atas kebesaran dan keagungan Tuhan.
  • Mengucapkan SyahadatSyahadat merupakan pengakuan iman seorang muslim. Dalam bacaan salat, syahadat diucapkan untuk menegaskan kembali keyakinan akan keesaan Tuhan dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.
  • Membaca Al-Qur’anMembaca Al-Qur’an dalam salat merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan. Melalui bacaan Al-Qur’an, seorang muslim dapat merenungi firman-firman Tuhan, mengambil pelajaran, dan memperkuat hubungan spiritualnya dengan Tuhan.
  • Memohon AmpunanBacaan salat juga berisi permohonan ampunan kepada Tuhan. Seorang muslim memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukannya, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Dengan memahami makna dan pentingnya bacaan salat dalam cara sholat makrifat, seorang muslim dapat meningkatkan kualitas ibadahnya dan meraih hubungan yang lebih dekat dengan Tuhan. Bacaan salat yang dilakukan dengan benar dan penuh kesadaran akan mengantarkan pada sholat yang makbul, yaitu sholat yang diterima dan diridhai oleh Tuhan.

Pemahaman Makna

Dalam cara sholat makrifat, pemahaman makna memegang peranan yang sangat penting. Pemahaman makna setiap gerakan dan bacaan dalam salat akan meningkatkan kekhusyuan, kesadaran, dan kualitas ibadah secara keseluruhan.

Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman makna salat adalah dengan mempelajari tafsir dan terjemahan Al-Qur’an dan hadits yang berkaitan dengan salat. Dengan memahami makna bacaan-bacaan salat, seperti surat Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas, dan ayat-ayat lainnya, seorang muslim dapat meresapi makna yang terkandung di dalamnya dan menghayati setiap gerakan salat yang dilakukan.

Selain itu, pemahaman makna salat juga dapat diperoleh melalui bimbingan dari guru spiritual atau ulama yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tasawuf dan cara sholat makrifat. Guru spiritual dapat memberikan penjelasan dan pemahaman yang lebih komprehensif tentang makna dan tujuan setiap gerakan dan bacaan dalam salat.

Dengan memiliki pemahaman makna salat yang baik, seorang muslim dapat merasakan kehadiran Tuhan dengan lebih nyata dalam setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan. Pemahaman makna salat juga dapat membantu seorang muslim untuk lebih fokus dan berkonsentrasi selama salat, sehingga dapat memperoleh ketenangan hati dan kedamaian jiwa.

Baca Juga:

Tips dan Cara Unlock Andromax R2 dengan Mudah

Tips dan Cara Unlock Andromax R2 dengan Mudah

Dengan demikian, pemahaman makna merupakan salah satu komponen penting dalam cara sholat makrifat. Pemahaman makna akan meningkatkan kualitas salat, memperdalam hubungan spiritual dengan Tuhan, dan memberikan ketenangan hati bagi seorang muslim.

Kekhusyuan

Kekhusyuan merupakan salah satu aspek penting dalam cara sholat makrifat. Kekhusyuan adalah keadaan di mana hati dan pikiran seorang muslim sepenuhnya terfokus pada Tuhan, sehingga dapat merasakan kehadiran-Nya dengan lebih nyata. Kekhusyuan sangat penting dalam sholat makrifat karena memungkinkan seorang muslim untuk mencapai tingkat ibadah yang lebih tinggi dan merasakan hubungan spiritual yang lebih dekat dengan Tuhan.

Cara sholat makrifat menekankan pada kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan dalam sholat. Dengan memahami makna setiap gerakan dan bacaan, seorang muslim dapat lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus selama sholat, sehingga dapat mencapai kekhusyuan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekhusyuan dalam sholat makrifat, di antaranya:

  • Menyadari kehadiran Tuhan
  • Memahami makna setiap gerakan dan bacaan
  • Membaca Al-Qur’an dengan tartil
  • Menghindari pikiran-pikiran yang mengganggu
  • Berdoa memohon kekhusyuan

Kekhusyuan dalam sholat makrifat memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan kualitas ibadah
  • Mempererat hubungan spiritual dengan Tuhan
  • Menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu
  • Memberikan ketenangan hati dan kedamaian jiwa

Dengan memahami pentingnya kekhusyuan dalam cara sholat makrifat dan mempraktikkan cara-cara untuk meningkatkan kekhusyuan, seorang muslim dapat memperoleh manfaat yang besar dari sholatnya, yaitu hubungan spiritual yang lebih dekat dengan Tuhan.

Hubungan Spiritual

Dalam cara sholat makrifat, hubungan spiritual memegang peranan yang sangat penting. Hubungan spiritual adalah hubungan yang mendalam dan pribadi antara seorang muslim dengan Tuhannya. Hubungan ini dibangun melalui ibadah, doa, dan kontemplasi. Sholat makrifat merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat efektif untuk meningkatkan kualitas hubungan spiritual seorang muslim dengan Tuhannya.

Melalui sholat makrifat, seorang muslim dapat merasakan kehadiran Tuhan dengan lebih nyata. Hal ini karena sholat makrifat dilakukan dengan penuh kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan. Dengan memahami makna setiap gerakan dan bacaan, seorang muslim dapat lebih mudah untuk fokus dan berkonsentrasi selama sholat. Konsentrasi yang baik akan membawa seorang muslim pada kekhusyuan dalam sholat, dan kekhusyuan inilah yang akan membuka jalan bagi terjalinnya hubungan spiritual yang lebih dekat dengan Tuhan.

Baca Juga:

Cara Hapus Penilaian di Shopee, Dijamin Manjur!

Cara Hapus Penilaian di Shopee, Dijamin Manjur!

Hubungan spiritual yang baik akan membawa banyak manfaat bagi seorang muslim. Di antaranya adalah ketenangan hati, kedamaian jiwa, dan kebahagiaan sejati. Selain itu, hubungan spiritual yang baik juga akan membuat seorang muslim lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah dan lebih taat kepada perintah-perintah Tuhan.

Jadi, sangat penting bagi seorang muslim untuk menjaga dan meningkatkan kualitas hubungan spiritualnya dengan Tuhan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mempraktikkan sholat makrifat secara teratur. Dengan sholat makrifat, seorang muslim dapat merasakan kehadiran Tuhan dengan lebih nyata dan membangun hubungan spiritual yang lebih dekat dengan-Nya.

Pertanyaan Umum tentang Cara Sholat Makrifat

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara sholat makrifat beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah sholat makrifat berbeda dengan sholat biasa?

Ya, sholat makrifat berbeda dengan sholat biasa dalam hal kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan. Sholat makrifat dilakukan dengan penuh kesadaran dan pemahaman, sehingga dapat meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan spiritual dengan Tuhan.

Pertanyaan 2: Apa manfaat melakukan sholat makrifat?

Manfaat melakukan sholat makrifat antara lain meningkatkan kekhusyuan, kesadaran, dan kualitas ibadah secara keseluruhan. Selain itu, sholat makrifat juga dapat membantu memperdalam hubungan spiritual dengan Tuhan dan memberikan ketenangan hati.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara melakukan sholat makrifat?

Untuk melakukan sholat makrifat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya niat yang benar, wudhu yang sempurna, menghadap kiblat dengan benar, melakukan gerakan sholat dengan benar dan tertib, membaca bacaan sholat dengan jelas dan fasih, memahami makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan, berusaha untuk khusyuk, dan berupaya untuk meningkatkan hubungan spiritual dengan Tuhan.

Pertanyaan 4: Apakah sholat makrifat dapat dilakukan oleh semua orang?

Ya, sholat makrifat dapat dilakukan oleh semua orang yang ingin meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan spiritualnya dengan Tuhan. Namun, perlu diingat bahwa sholat makrifat bukanlah satu-satunya cara yang benar dalam beribadah. Setiap umat Islam memiliki cara tersendiri dalam menjalankan ibadahnya, selama sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Pertanyaan 5: Di mana saya dapat belajar tentang sholat makrifat?

Untuk mempelajari tentang sholat makrifat, Anda dapat membaca buku-buku tentang tasawuf, berkonsultasi dengan guru spiritual atau ulama yang memiliki pengetahuan tentang tasawuf, atau mengikuti pengajian-pengajian tentang sholat makrifat.

Pertanyaan 6: Apa yang harus saya lakukan jika saya masih kesulitan dalam melakukan sholat makrifat?

Jika Anda masih kesulitan dalam melakukan sholat makrifat, jangan berkecil hati. Teruslah berusaha dan berlatih secara teratur. Anda juga dapat meminta bimbingan dari guru spiritual atau ulama yang memiliki pengetahuan tentang tasawuf. Dengan kesabaran dan ketekunan, Anda pasti akan dapat melakukan sholat makrifat dengan baik dan merasakan manfaatnya.

Demikianlah beberapa pertanyaan umum tentang cara sholat makrifat beserta jawabannya. Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan merujuk pada sumber-sumber berikut:

Terima kasih.

Tips Cara Sholat Makrifat

Sholat makrifat merupakan cara sholat yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan. Sholat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan spiritual dengan Tuhan. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan sholat makrifat:

Tip 1: Niatkan dengan Benar

Niat yang benar adalah dasar dari sholat makrifat. Niatkan sholat karena mengharap ridha Allah SWT, bukan karena ingin dilihat atau dipuji orang lain.

Tip 2: Berwudhu dengan Sempurna

Wudhu merupakan syarat sah sholat. Berwudhulah dengan sempurna, bukan hanya sekedar membasahi anggota wudu. Bersihkan diri dari hadas dan kotoran, baik (lahir) maupun (batin).

Tip 3: Menghadap Kiblat dengan Benar

Menghadap kiblat merupakan syarat sah sholat. Pastikan Anda menghadap kiblat dengan benar, yaitu ke arah Ka’bah di Mekah.

Tip 4: Lakukan Gerakan Sholat dengan Benar dan Tertib

Lakukan gerakan sholat dengan benar dan tertib sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Jangan tergesa-gesa dan lakukan setiap gerakan dengan penuh kesadaran.

Tip 5: Bacaan Sholat dengan Jelas dan Fasih

Bacaan sholat merupakan bagian penting dari sholat. Bacalah bacaan sholat dengan jelas dan fasih, serta pahami maknanya.

Tip 6: Memahami Makna Setiap Gerakan dan Bacaan

Memahami makna setiap gerakan dan bacaan dalam sholat akan meningkatkan kekhusyuan dan kesadaran Anda. Pelajarilah tafsir dan terjemahan Al-Qur’an dan hadits yang berkaitan dengan sholat.

Tip 7: Berusaha untuk Khusyuk

Kekhusyuan adalah kunci dalam sholat makrifat. Berusahalah untuk khusyuk dalam sholat Anda dengan memfokuskan pikiran dan hati hanya kepada Allah SWT.

Tip 8: Berdoa untuk Meningkatkan Hubungan dengan Tuhan

Setelah selesai sholat, berdoalah kepada Allah SWT untuk meningkatkan hubungan spiritual Anda dengan-Nya. Mohonlah kepada-Nya agar sholat Anda diterima dan diridhai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, insyaAllah Anda dapat meningkatkan kualitas sholat makrifat Anda dan merasakan manfaatnya.

Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Cara sholat makrifat merupakan metode sholat yang menekankan pada kesadaran dan pemahaman akan makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan. Sholat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan hubungan spiritual dengan Tuhan. Sholat makrifat dilakukan dengan niat yang benar, wudhu yang sempurna, menghadap kiblat dengan benar, melakukan gerakan sholat dengan benar dan tertib, membaca bacaan sholat dengan jelas dan fasih, memahami makna setiap gerakan dan bacaan yang dilakukan, berusaha untuk khusyuk, dan berupaya untuk meningkatkan hubungan spiritual dengan Tuhan.

Dengan melakukan sholat makrifat, seorang muslim dapat merasakan kehadiran Tuhan dengan lebih nyata, meningkatkan kekhusyuan dan kesadaran dalam beribadah, memperdalam hubungan spiritual dengan Tuhan, serta memperoleh ketenangan hati dan kedamaian jiwa. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk mempelajari dan mempraktikkan cara sholat makrifat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Youtube Video:

 

Leave a Comment