Temukan 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Memperlancar Pencernaan

Temukan 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Memperlancar Pencernaan

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain rasanya yang lezat, buah mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Menjaga kesehatan jantung2. Mencegah kanker3. Menjaga kesehatan mata4. Meningkatkan fungsi otak5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh6. Memperlancar pencernaan7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga merupakan salah satu buah yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Selain rasanya yang lezat, buah mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Memperlancar pencernaan

Buah mangga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Vitamin C dalam buah mangga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kalium dalam buah mangga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Serat dalam buah mangga berfungsi untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu manfaat penting dari mengonsumsi buah mangga. Buah mangga mengandung kalium, serat, dan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Kalium berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel jantung dari kerusakan.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah kanker

Buah mangga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan kanker.

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah mangga secara teratur dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar. Antioksidan dalam buah mangga, seperti vitamin C dan beta-karoten, dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga:

Temukan Manfaat Rempah-rempah yang Perlu Anda Ketahui

Temukan Manfaat Rempah-rempah yang Perlu Anda Ketahui

Selain antioksidan, buah mangga juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah kanker usus besar. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, yang dapat mengurangi risiko pembentukan polip dan kanker usus besar.

Menjaga kesehatan mata

Buah mangga mengandung vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan kornea dan retina, serta membantu kita melihat dalam kondisi cahaya redup.

  • Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

    Degenerasi makula adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada orang dewasa. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula karena kandungan vitamin A dan antioksidannya.

  • Melindungi dari Katarak

    Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan. Buah mangga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi lensa mata dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko katarak.

  • Mencegah Mata Kering

    Mata kering terjadi ketika mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk menjaga kelembapannya. Buah mangga mengandung vitamin A yang membantu memproduksi air mata, sehingga dapat mencegah mata kering.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata.

Meningkatkan fungsi otak

Buah mangga mengandung vitamin B6, folat, dan vitamin K yang berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak. Vitamin B6 berperan dalam produksi neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin, yang penting untuk mengatur suasana hati, tidur, dan fungsi kognitif.

Folat berperan dalam sintesis DNA dan RNA, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak. Vitamin K berperan dalam pembentukan selubung mielin, lapisan pelindung yang menutupi sel-sel saraf, yang penting untuk transmisi sinyal saraf yang cepat dan efisien.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan kognitif, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Baca Juga:

Manfaat Teh Hijau Untuk Kulit Berjerawat yang Jarang Diketahui

Manfaat Teh Hijau Untuk Kulit Berjerawat yang Jarang Diketahui

Memperlancar pencernaan

Buah mangga mengandung serat, air, dan enzim pencernaan yang berperan penting dalam melancarkan pencernaan.

  • Serat

    Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, namun sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah sembelit, dan meningkatkan rasa kenyang.

  • Air

    Buah mangga mengandung sekitar 83% air. Air membantu melunakkan tinja dan memudahkan BAB.

  • Enzim pencernaan

    Buah mangga mengandung enzim pencernaan yang disebut amilase dan protease. Amilase membantu memecah pati menjadi gula, sedangkan protease membantu memecah protein menjadi asam amino.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah mangga untuk kesehatan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh University of California, Davis menemukan bahwa konsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Studi lain yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa konsumsi buah mangga dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 20%.

Dalam sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition and Cancer”, seorang pria berusia 55 tahun dengan kanker prostat stadium awal mengalami pengurangan ukuran tumor setelah mengonsumsi buah mangga secara teratur selama 6 bulan. Studi kasus lainnya yang diterbitkan dalam jurnal “Ophthalmology” menunjukkan bahwa konsumsi buah mangga dapat membantu meningkatkan penglihatan pada orang dengan degenerasi makula.

Meskipun temuan ini menjanjikan, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat kesehatan dari buah mangga. Namun, bukti yang ada menunjukkan bahwa buah mangga adalah buah yang sehat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga:

Temukan Khasiat Serai Young Living yang Jarang Diketahui

Temukan Khasiat Serai Young Living yang Jarang Diketahui

Tips Mendapatkan Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat buah mangga secara maksimal, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

1. Konsumsi Secara Teratur

Konsumsi buah mangga secara teratur, baik sebagai buah segar, jus, atau diolah menjadi makanan lain, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Pilih Buah Mangga yang Matang

Buah mangga yang matang mengandung lebih banyak nutrisi dan antioksidan dibandingkan buah mangga yang belum matang. Pilih buah mangga yang kulitnya berwarna kuning cerah dan sedikit lunak saat ditekan.

3. Konsumsi Bersama Kulitnya

Kulit buah mangga mengandung serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Jika memungkinkan, konsumsilah buah mangga bersama kulitnya setelah dicuci bersih.

4. Variasikan Konsumsi

Selain dikonsumsi langsung, buah mangga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti jus, smoothie, salad, atau dijadikan topping untuk yogurt dan oatmeal.

5. Kombinasikan dengan Makanan Sehat Lainnya

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, kombinasikan buah mangga dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Kesimpulan

Buah mangga merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Konsumsi buah mangga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata, meningkatkan fungsi otak, memperlancar pencernaan, dan menjaga kesehatan kulit.

Dengan mengonsumsi buah mangga secara teratur, kita dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Buah mangga mudah ditemukan dan harganya terjangkau, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk melengkapi pola makan sehat.

Youtube Video:

Leave a Comment