Spesifikasi Lengkap OPPO A95: Smartphone Canggih dengan Harga Terjangkau

Spesifikasi Lengkap OPPO A95: Smartphone Canggih dengan Harga Terjangkau

Oppo A95 hadir dengan spesifikasi yang menarik. Smartphone ini dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,43 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya juga mendukung refresh rate 90Hz yang membuat tampilan terasa lebih smooth.

Selain itu, Oppo A95 juga dibekali dengan kamera yang mumpuni. Kamera utamanya memiliki resolusi 48MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera depannya juga memiliki resolusi yang tinggi, yaitu 16MP.

Dari segi performa, Oppo A95 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 662 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan storage 128GB. Performa smartphone ini cukup baik untuk penggunaan sehari-hari, termasuk bermain game.

Tabel Spesifikasi Oppo A95

NamaOppo A95
ProsesorSnapdragon 662
RAM8GB
ROM128GB
Tahun Rilis2021

Spesifikasi Unggulan Spesifikasi Oppo A95

Spesifikasi Oppo A95 memiliki beberapa fitur unggulan yang memberikan nilai dan informasi menarik. Berikut adalah 10 fitur unggulan spesifikasi Oppo A95:

  • Layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD+
  • Refresh rate 90Hz untuk tampilan yang lebih smooth
  • Kamera utama 48MP dengan fitur lengkap
  • Kamera depan 16MP untuk selfie yang jernih
  • Prosesor Snapdragon 662 yang bertenaga
  • RAM 8GB untuk multitasking yang lancar
  • Storage 128GB yang lega
  • Baterai 5000mAh yang tahan lama
  • Fast charging 33W untuk pengisian daya yang cepat
  • Fingerprint sensor di layar untuk keamanan yang lebih baik

Layar AMOLED 6,43 inci dengan Resolusi Full HD+

Layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ merupakan salah satu keunggulan spesifikasi Oppo A95. Layar jenis ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan layar LCD, antara lain:

  • Kontras yang lebih tinggi: Layar AMOLED memiliki kontras yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan layar LCD, sehingga menghasilkan warna hitam yang lebih pekat dan warna putih yang lebih terang.
  • Warna yang lebih akurat: Layar AMOLED mampu menghasilkan warna yang lebih akurat dan realistis dibandingkan dengan layar LCD.
  • Sudut pandang yang lebih lebar: Layar AMOLED memiliki sudut pandang yang lebih lebar dibandingkan dengan layar LCD, sehingga pengguna dapat melihat layar dengan jelas dari berbagai sudut.
  • Konsumsi daya yang lebih rendah: Layar AMOLED mengonsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan layar LCD, sehingga dapat memperpanjang daya tahan baterai smartphone.

Refresh rate 90Hz untuk tampilan yang lebih smooth

Refresh rate adalah jumlah kali per detik layar memperbarui gambar yang ditampilkan. Semakin tinggi refresh rate, semakin halus tampilan layar, terutama saat menampilkan konten yang bergerak cepat, seperti game atau video.

  • Tampilan yang lebih responsif

    Refresh rate 90Hz membuat layar Oppo A95 lebih responsif terhadap sentuhan, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game dan scrolling yang lebih lancar.

  • Tampilan yang lebih nyaman untuk mata

    Refresh rate yang tinggi dapat mengurangi ketegangan mata, terutama saat menatap layar dalam waktu yang lama. Ini karena tampilan yang lebih halus dapat mengurangi efek flicker yang dapat menyebabkan mata lelah.

  • Konsumsi daya yang lebih efisien

    Meskipun memiliki refresh rate yang tinggi, Oppo A95 tetap memiliki konsumsi daya yang efisien berkat teknologi layar AMOLED yang digunakan. Teknologi ini hanya akan menyalakan piksel yang dibutuhkan, sehingga menghemat daya baterai.

    Baca Juga:

    Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus: Layar Lega, Baterai Jumbo

    Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus: Layar Lega, Baterai Jumbo
  • Dukungan untuk konten HDR

    Refresh rate 90Hz juga memungkinkan Oppo A95 untuk menampilkan konten HDR (High Dynamic Range) dengan kualitas yang lebih baik. Konten HDR memiliki rentang kontras yang lebih luas, sehingga menghasilkan warna yang lebih hidup dan detail yang lebih jelas.

Kamera Utama 48MP dengan Fitur Lengkap

Kamera utama 48MP dengan fitur lengkap merupakan salah satu keunggulan Spesifikasi Oppo A95. Kamera ini memiliki beberapa fitur canggih yang dapat menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi.

  • Resolusi tinggi 48MP

    Resolusi 48MP memungkinkan kamera Oppo A95 menangkap gambar dengan detail yang sangat tinggi. Pengguna dapat mencetak foto berukuran besar atau melakukan cropping tanpa kehilangan kualitas gambar.

  • Sensor besar 1/2 inci

    Sensor kamera yang besar memungkinkan kamera menangkap lebih banyak cahaya, menghasilkan foto yang lebih terang dan noise yang lebih sedikit, terutama dalam kondisi cahaya redup.

  • Lensa wide-angle

    Kamera Oppo A95 dilengkapi dengan lensa wide-angle yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas. Lensa ini sangat cocok untuk memotret pemandangan, arsitektur, atau foto grup.

  • Fitur lengkap

    Kamera Oppo A95 juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti mode malam, mode potret, dan mode panorama. Fitur-fitur ini memudahkan pengguna untuk mengambil foto yang memukau dalam berbagai kondisi.

Kamera Depan 16MP untuk Selfie yang Jernih

Pada bagian depan, Oppo A95 dibekali dengan kamera beresolusi 16MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto selfie yang jernih dan detail, bahkan dalam kondisi cahaya yang kurang baik.

Selain resolusi yang tinggi, kamera depan Oppo A95 juga dilengkapi dengan beberapa fitur menarik, seperti:

  • AI Beauty: Fitur ini dapat mempercantik wajah secara otomatis, seperti menghaluskan kulit, mencerahkan warna kulit, dan melangsingkan wajah.
  • Portrait Mode: Fitur ini dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh, sehingga subjek foto menjadi lebih menonjol dan latar belakang menjadi buram.
  • Panorama Selfie: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie dengan sudut pandang yang lebih luas, sehingga dapat menampung lebih banyak orang atau pemandangan.

Dengan kamera depan 16MP yang dilengkapi berbagai fitur canggih, Oppo A95 menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang gemar berswafoto dan mengabadikan momen-momen penting bersama orang terkasih.

Prosesor Snapdragon 662 yang Bertenaga

Spesifikasi Oppo A95 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 662 yang bertenaga. Prosesor ini merupakan chipset kelas menengah yang menawarkan performa yang mumpuni untuk berbagai aktivitas, termasuk bermain game, menjalankan aplikasi, dan multitasking.

Baca Juga:

Spesifikasi Advan Tab Sketsa 2: Tablet Murah dengan Fitur Memikat

Spesifikasi Advan Tab Sketsa 2: Tablet Murah dengan Fitur Memikat

Snapdragon 662 memiliki delapan inti prosesor yang terdiri dari empat inti Kryo 260 Gold dengan kecepatan hingga 2,0 GHz dan empat inti Kryo 260 Silver dengan kecepatan hingga 1,8 GHz. Prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 610 yang bertenaga untuk menangani kebutuhan grafis.

Kombinasi prosesor dan GPU ini memberikan performa yang lancar dan responsif untuk berbagai penggunaan. Pengguna dapat menjalankan game dengan grafis yang berat dengan lancar, membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa lag, dan menikmati pengalaman multitasking yang nyaman.

RAM 8GB untuk Multitasking yang Lancar

Oppo A95 hadir dengan RAM 8GB yang memberikan kemampuan multitasking yang sangat baik. RAM (Random Access Memory) merupakan komponen penting dalam sebuah smartphone yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara untuk data yang sedang diakses oleh prosesor. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi dan data yang dapat disimpan dalam memori, sehingga performa multitasking menjadi lebih lancar.

  • Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

    Dengan RAM 8GB, Oppo A95 dapat membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa mengalami lag atau force close. Pengguna dapat dengan mudah beralih antar aplikasi, membuka tab baru di browser, atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak memori tanpa khawatir smartphone menjadi lambat.

  • Bermain Game Berat dengan Lancar

    RAM 8GB juga sangat bermanfaat untuk bermain game berat. Game-game dengan grafis yang tinggi dan membutuhkan banyak sumber daya dapat berjalan dengan lancar dan stabil di Oppo A95. Pengguna dapat menikmati pengalaman bermain game yang imersif tanpa gangguan.

  • Mengedit Foto dan Video dengan Cepat

    Bagi pengguna yang gemar mengedit foto dan video, RAM 8GB pada Oppo A95 sangat membantu. Aplikasi editing seperti Adobe Photoshop Express atau KineMaster dapat berjalan dengan cepat dan responsif, sehingga pengguna dapat mengedit foto dan video dengan lebih efisien.

    Baca Juga:

    Spesifikasi Realme 10: HP Murah dengan Spek Gahar

    Spesifikasi Realme 10: HP Murah dengan Spek Gahar
  • Multitasking Tanpa Hambatan

    Dengan RAM 8GB, Oppo A95 dapat menangani berbagai tugas secara bersamaan tanpa hambatan. Pengguna dapat menjalankan aplikasi navigasi, mendengarkan musik, dan membuka aplikasi media sosial secara bersamaan tanpa mengalami penurunan performa.

Storage 128GB yang Lega

Spesifikasi Oppo A95 dilengkapi dengan storage internal sebesar 128GB. Kapasitas storage yang lega ini memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, antara lain:

Menyimpan Banyak Aplikasi dan GameDengan storage 128GB, pengguna dapat menyimpan banyak aplikasi dan game tanpa perlu khawatir kehabisan ruang. Pengguna dapat mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan, seperti aplikasi produktivitas, aplikasi hiburan, dan aplikasi sosial media, tanpa perlu menghapus aplikasi lain.

Menyimpan Foto dan Video Berkualitas TinggiStorage 128GB juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak foto dan video berkualitas tinggi. Pengguna dapat mengabadikan momen-momen berharga dengan kamera Oppo A95 dan menyimpannya di smartphone tanpa perlu khawatir kehabisan ruang.

Menyimpan File Musik dan FilmBagi pengguna yang gemar mendengarkan musik atau menonton film, storage 128GB pada Oppo A95 sangat bermanfaat. Pengguna dapat menyimpan banyak file musik dan film di smartphone, sehingga dapat menikmati hiburan kapan saja dan di mana saja.

Multitasking yang Lebih LancarStorage yang lega juga berkontribusi pada performa multitasking yang lebih lancar. Dengan banyaknya ruang yang tersedia, sistem operasi dapat menyimpan lebih banyak data dan aplikasi di memori, sehingga perpindahan antar aplikasi menjadi lebih cepat dan responsif.

Baterai 5000mAh yang Tahan Lama

Spesifikasi Oppo A95 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 5000mAh. Baterai ini mampu memberikan daya tahan yang sangat baik, sehingga pengguna dapat menggunakan smartphone seharian penuh tanpa khawatir kehabisan baterai.

Dengan baterai 5000mAh, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain game, menonton video, menjelajah internet, dan menggunakan aplikasi media sosial, tanpa perlu mengisi daya baterai berulang kali. Baterai ini juga didukung oleh teknologi pengisian daya cepat 33W, sehingga pengguna dapat mengisi daya baterai dengan cepat dan efisien.

Baca Juga:

Spesifikasi Vivo Y22: Performa Mumpuni, Harga Terjangkau

Spesifikasi Vivo Y22: Performa Mumpuni, Harga Terjangkau

Ketahanan baterai yang sangat baik pada Oppo A95 menjadikannya pilihan yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan smartphone yang dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari yang intens. Dengan baterai 5000mAh, pengguna dapat menikmati pengalaman menggunakan smartphone tanpa gangguan dan tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Fast charging 33W untuk Pengisian Daya yang Cepat

Teknologi fast charging 33W pada spesifikasi Oppo A95 memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai smartphone dengan sangat cepat dan efisien.

  • Pengisian Daya yang Sangat Cepat:

    Dengan fast charging 33W, Oppo A95 dapat mengisi daya baterai dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering bepergian atau memiliki aktivitas yang padat dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengisi daya smartphone.

  • Pengisian Daya yang Efisien:

    Teknologi fast charging 33W pada Oppo A95 tidak hanya cepat, tetapi juga efisien. Pengisian daya yang efisien berarti bahwa lebih sedikit daya yang terbuang sebagai panas, sehingga memperpanjang usia baterai dan menjaga performa smartphone tetap optimal dalam jangka panjang.

  • Kenyamanan dan Kepraktisan:

    Fast charging 33W memberikan kenyamanan dan kepraktisan bagi pengguna. Dengan waktu pengisian daya yang singkat, pengguna tidak perlu menunggu lama untuk dapat menggunakan smartphone mereka kembali. Hal ini sangat berguna dalam situasi darurat atau ketika pengguna sedang terburu-buru.

  • Pelengkap Spesifikasi yang Mumpuni:

    Fast charging 33W melengkapi spesifikasi Oppo A95 yang mumpuni secara keseluruhan. Dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh dan prosesor yang bertenaga, fast charging 33W memastikan bahwa pengguna dapat menikmati performa smartphone yang optimal tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Fingerprint sensor di layar untuk keamanan yang lebih baik

Spesifikasi Oppo A95 dilengkapi dengan fingerprint sensor di layar yang memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan sensor sidik jari konvensional.

Fingerprint sensor di layar bekerja dengan cara memindai sidik jari pengguna melalui layar smartphone. Teknologi ini menggunakan sensor optik untuk mendeteksi pola unik pada sidik jari dan menyimpannya sebagai data biometrik. Ketika pengguna ingin membuka kunci smartphone, mereka cukup meletakkan jari mereka pada area sensor di layar, dan smartphone akan segera terbuka jika sidik jari cocok.

Baca Juga:

Spesifikasi Hp Samsung Galaxy S23 Ultra 5G: Unggulan yang Menakjubkan

Spesifikasi Hp Samsung Galaxy S23 Ultra 5G: Unggulan yang Menakjubkan

Kelebihan fingerprint sensor di layar dibandingkan dengan sensor sidik jari konvensional antara lain:

  • Lebih aman: Fingerprint sensor di layar lebih sulit untuk dipalsukan dibandingkan dengan sensor sidik jari konvensional, karena sidik jari pengguna disimpan sebagai data biometrik yang unik.
  • Lebih nyaman: Fingerprint sensor di layar lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan sensor sidik jari konvensional, karena pengguna tidak perlu mengangkat smartphone untuk membuka kunci.
  • Lebih estetis: Fingerprint sensor di layar tidak terlihat dari luar, sehingga membuat tampilan smartphone lebih estetis.

Dengan adanya fingerprint sensor di layar, pengguna Oppo A95 dapat menikmati keamanan yang lebih baik dan kenyamanan dalam membuka kunci smartphone mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Oppo A95

Spesifikasi Oppo A95 menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli smartphone ini.

Kelebihan

  • Layar AMOLED 6,43 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz memberikan pengalaman visual yang jernih dan responsif.
  • Kamera utama 48MP dengan fitur lengkap menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi, bahkan dalam kondisi cahaya redup.
  • Prosesor Snapdragon 662 yang bertenaga dan RAM 8GB memastikan performa multitasking yang lancar dan mampu menjalankan game dengan lancar.
  • Storage internal 128GB yang lega menyediakan ruang yang cukup untuk menyimpan aplikasi, foto, video, dan file lainnya.
  • Baterai 5000mAh yang tahan lama dan didukung fast charging 33W memungkinkan penggunaan smartphone seharian penuh tanpa khawatir kehabisan baterai.

Kekurangan

  • Material bodi yang terbuat dari plastik membuat smartphone terasa kurang premium.
  • Tidak adanya fitur NFC membatasi kemudahan dalam melakukan pembayaran digital dan transfer data.
  • Kamera ultrawide dan kamera makro memiliki resolusi yang relatif rendah, sehingga kualitas foto dan video pada kondisi tertentu mungkin tidak maksimal.
  • Harga yang ditawarkan mungkin sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone lain di kelas yang sama.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, calon pembeli dapat memutuskan apakah spesifikasi Oppo A95 sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

FAQs

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai spesifikasi Oppo A95:

1. Berapa ukuran layar Oppo A95?-

Oppo A95 memiliki layar AMOLED berukuran 6,43 inci.

2. Berapa resolusi kamera utama Oppo A95?-

Kamera utama Oppo A95 memiliki resolusi 48MP.

3. Berapa kapasitas baterai Oppo A95?-

Oppo A95 memiliki baterai berkapasitas 5000mAh.

4. Apakah Oppo A95 memiliki fitur NFC?-

Tidak, Oppo A95 tidak memiliki fitur NFC.

5. Berapa harga Oppo A95?-

Harga Oppo A95 bervariasi tergantung pada wilayah dan toko tempat pembelian.

6. Apakah Oppo A95 tahan air?-

Spesifikasi resmi Oppo A95 tidak menyebutkan adanya fitur tahan air.

Kesimpulan

Spesifikasi Oppo A95 menawarkan kombinasi yang menarik antara fitur dan performa yang mumpuni. Layarnya yang jernih dan responsif, kamera yang berkualitas, performa yang lancar, baterai yang tahan lama, dan fitur keamanan yang baik menjadikannya pilihan yang solid di kelasnya.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan seperti material bodi yang kurang premium dan tidak adanya fitur NFC, kelebihan yang ditawarkan oleh Oppo A95 secara keseluruhan masih menjadikannya sebagai smartphone yang layak untuk dipertimbangkan bagi pengguna yang mencari perangkat dengan performa yang baik di berbagai aspek.

Youtube Video: